Pages

Thursday, January 19, 2012

wikipedia mogok

gue baru tahu kalo wikipedia berbahasa inggris dipadamkan selama 24jam untuk memprotes dua undang-undang yang sedang digodok yakni : SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) yang rencananya sih bakal disahkan kongres AS dalam waktu dekat.. (sumber). ya aksi blackout ini terhitung dari Rabu, 18 januari 2012 pukul 12.00 WIB, aksi ini akan berlangsung selama 24 jam kedepan.. (brarti sebentar lagi, 2 jam lagi wikipedia dan situs yg blackout lainnya sudah tampil normal dong yah~)
dan lucunya The Washington Post bahkan memposting "panduan bertahan hidup" sebagai akibat dari blacko ut wikipedia ini.. ckck.. nah ini dia panduan bertahan hidupnya (sumber) :

  • Gulir - telusuri google books dan gogle scholar jg dapat menjadi alternatif yang baik
  • Ensiklopedia - anggap saja ensiklopedia adalah "wikipedia vintage". toh isi wikipediapun banyak yang berasal dari ensiklopedia
  • Perpustakaan - kalo ini kita ibaratkan saja sebagai wikipedia analog.
  • Sosialisasi - pergunakan momen blackout wikipedia ini sbg kesempatan untuk berinteraksi.
  • Bertanya - orangtua, kakek, nenek kita juga mengetahui berbagai informasi dr berbagai pengalaman hidup mereka loh..
ada juga surat pernyataan berbentuk pdf dari AOL, eBay, facebook, google, LinkedIn, mozilla, twitter, yahoo!, dan zynga (nih suratnya).. dibawah ini beberapa tampilan situs yang blackout sehubungan dgn SOPA dan PIPA

http://wordpress.com/
http://www.greenpeace.org/international/en/
favorit gue sih situs reddit.com situs ini kreatif banget setiap kali dibuka tampilannya beda-beda nih penampakannya :

Yuniar C. Th Johansz